Seriuskah KPK Mencari Harun Masiku? Begini Jawaban Tumpak Panggabean

Seriuskah KPK Mencari Harun Masiku? Begini Jawaban Tumpak Panggabean
Foto Harun Masiku yang dipajang di daftar buronan KPK. Foto: kpk.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih belum dapat menangkap Harun Masiku, yang sudah masuk dalam daftar pencairan orang (DPO) alias buron bertahun-tahun. Lantas seriuskah KPK mencari Harun Masiku? 

Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean menyebut bahwa komisi antirasuah serius untuk mencari dan menangkap Harun Masiku

Menurutnya, hal itu dibuktikan dengan penggeledahan yang dilakukan komisi antikorupsi untuk mencari Harun Masiku setelah mendapat izin dari Dewas KPK. 

"Itu bisa kami tahu dari waktu kami memberikan izin, (yakni) izin penggeledahan. Dari situ kami melihat bahwa KPK, ya, serius untuk melakukan pencarian itu," kata Tumpak di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK, Jakarta, Selasa (18/1). 

Harun Masiku merupakan tersangka suap terkait penetapan anggota DPR RI terpilih tahun 2019-2024. Harun Masiku masuk dalam DPO atau buron KPK

"Kami pantau memang benar bahwa KPK telah melakukan penggeledahan di beberapa titik-titik dalam rangka mencari Harun Masiku," kata Tumpak.

Tidak hanya itu, Tumpak Panggabean menyatakan Dewas KPK telah menanyakan kepada pimpinan lembaga antikorupsi soal apa kendala dalam mencari Harun Masiku. 

"Sudah kami lakukan sejak tahun 2020 awal bahkan. Jadi, kami selalu menanya itu, kenapa, di mana kendalanya,"  ujar mantan pimpinan KPK itu.

KPK masih belum dapat menangkap Harun Masiku. Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean merespons begini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News