Setara Institute: Toleransi Masyarakat Semakin Menipis

Setara Institute: Toleransi Masyarakat Semakin Menipis
Setara Institute: Toleransi Masyarakat Semakin Menipis

jpnn.com - JAKARTA - Setara Institute menilai peristiwa kerusuhan di Tanjungbalai yang sarat dengan dugaan unsur SARA memberi pembelajaran bagi semua pihak, bahwa kondisi intoleransi di tengah masyarakat semakin meningkat. 

"Berbagai peristiwa pelanggaran kebebasan beragama, berkeyakinan yang terus terjadi mengonfirmasi status toleransi masyarakat yang semakin menipis," ujar Direktur Riset Setara Institute Ismail Hasani, Sabtu (30/7).

Karena itu menurut Ismail, pemerintah harus mengambil langkah mendasar dalam merespons seluruh peristiwa pelanggaran intolern yang terus terjadi.

"Jadi tidak hanya reaktif dalam peristiwa aktual seperti pemadam kebakaran. Pemerintah jangan hanya riuh saat peristiwa terjadi," ujar Ismail.

Menurut Ismail, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri memegang peranan kunci, mengelola hubungan antaragama, meningkatkan toleransi, dan menghapus praktik diskriminasi atas dasar agama/keyakinan.

"Tapi hampir dua tahun menjabat,  Tjahjo Kumolo dan Lukman Hakim Saefudin, belum menunjukkan langkah dan kebijakan yang mendasar, berbasis fakta, komprehensif dan berdasar pada konstitusi Indonesia," ujar Ismail.(gir/jpnn)


JAKARTA - Setara Institute menilai peristiwa kerusuhan di Tanjungbalai yang sarat dengan dugaan unsur SARA memberi pembelajaran bagi semua pihak,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News