Setelah Kudeta, Tentara Mali Menjarah Isi Istana

Setelah Kudeta, Tentara Mali Menjarah Isi Istana
Setelah Kudeta, Tentara Mali Menjarah Isi Istana
BAMAKO - Satu bulan menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Amadou Toumani Toure, Mali diguncang kudeta militer. Kemarin pagi (22/3), dengan mengerahkan kekuatan senjata, militer mengepung istana kepresidenan di ibu kota negeri Afrika Barat itu dan melengserkan secara paksa pemimpin 63 tahun tersebut. Toure pun sembunyi dan mengamankan diri.

"Komite Nasional untuk Penegakan Demokrasi dan Pemulihan Negara (CNRDR) mewakili seluruh elemen angkatan darat, serta pasukan pertahanan dan keamanan telah memutuskan untuk kembali berkuasa dan mengakhiri rezim Amadou Toumani Toure," terang CNRDR dalam pernyataan tertulisnya. Komite bentukan militer itu berjanji segera mengembalikan kekuasaan pada pemerintah baru.

Dalam keterangannya, CNRDR mengungkapkan bahwa kudeta itu tidak bertujuan untuk membentuk pemerintahan militer. Tapi, selama pemerintahan baru belum terbentuk, militer akan mengendalikan kekuasaan. "Segera setelah presiden baru terpilih secara demokratis, dan persatuan nasional serta integritas teritorial terwujud, kami akan mundur," tutur CNRDR.

Kudeta militer yang mengakhiri pemerintahan sipil sejak 1991 itu menuai reaksi keras. Organisasi regional negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) mengutuk kudeta militer tersebut.

BAMAKO - Satu bulan menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Amadou Toumani Toure, Mali diguncang kudeta militer. Kemarin pagi (22/3), dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News