Setiap Sudut Wajib Ada Pot

Setiap Sudut Wajib Ada Pot
Setiap Sudut Wajib Ada Pot
JAKARTA - Wilayah padat penduduk biasanya identik dengan kumuh miskin (kumis), penyakit, serta sejumlah masalah sosial. Tetapi kesan tersebut sedikit-demi sedikit terkikis di wilayah Kelurahan Tambora,  Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Meski padat penduduk namun terkesan indah dengan lingkungannya yang sehat.

Maka tak heran, jika pada tahun ini Kelurahan Tambora baru menyabet juara II tingkat Kota Madya Jakarta Barat, lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Prestasi yang diraih oleh wilayah dengan kepadatan tertinggi di Asia Tenggara tersebut tentu tidak datang secara tiba-tiba. Malainkan, semuanya merupakan hasil dari perpaduan antara tekat dan kerja keras aparat kelurahan beserta masyarakat setempat.

Menurut Lurah Tambora, Edy Mulyanto, keberhasilan menjuarai PHBS berkat sejumlah keunggulan di sejumlah RW.  Antarlain keunggulan program penghijauan  serta swadaya masyarakat yang menjadi salah satu kriteria penilaian.  Beberapa yang unggul dengan kriteria itu terdapat di RW 4,5,6, dan 7. ”Terutama yang unggul penghijauannya di RW 5 dan 6. Setiap sudut-sudut selalu ditempati pot-pot tanaman. Semua Nampak hijau dan segar,” ungkapnya. Sejumlah kriteria lain yang menjadi peniliaan yaitu perilaku hidup bersih masyarakat. Antarlalain mencuci tangan sebelum makan. Untuk itu disediakan sejumlah tempat mencuci tangan di sejumlah tempat umum.

Yang menarik, warga juga tidak bisa sembarangan merokok. Termasuk, tidak sembarangan merokok di dalam rumah sendiri. ”Kalau di dalam rumah itu ada bayi, atau orang lain yang tidak merokok bagaimana. Mereka kan punya hak (menghirup udara bersih),” tegas Edy.

JAKARTA - Wilayah padat penduduk biasanya identik dengan kumuh miskin (kumis), penyakit, serta sejumlah masalah sosial. Tetapi kesan tersebut sedikit-demi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News