Setoran Bea Keluar Tak Capai Target

Setoran Bea Keluar Tak Capai Target
Setoran Bea Keluar Tak Capai Target
JAKARTA - Penerimaan bea keluar bahan tambang mineral diperkirakan tidak mencapai target. Itu karena kebijakan tersebut merangsang perusahaan tambang membangun smelter dibandingkan menggenjot ekspor.

"Secara konsekuensi logis, bea keluar digunakan supaya tidak keluar barangnya. Dan ternyata sekarang banyak perusahaan yang ingin membuka smelter ada 154 perusahaan," kata Dirjen Bea dan Cukai Kemenkeu Agung Kuswandono di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (24/7).

Agung mengatakan, pengenaan bea keluar membuat eksporter harus mendapatkan keterangan clean and clear atau tidak pernah menunggak pajak. "Akhirnya ketahuan juga yang selama ini tidak bayar royalti dan clean and clear," kata Agung.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Bambang P. S Brodjonegoro mengatakan potensi penerimaan bea keluar pertambangan mineral bisa mencapai Rp 14 triliun setahun. Karena baru diberlakukan pertengahan tahun, potensinya sekitar Rp 7 triliun.

JAKARTA - Penerimaan bea keluar bahan tambang mineral diperkirakan tidak mencapai target. Itu karena kebijakan tersebut merangsang perusahaan tambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News