Siapkan Rp 90 Miliar Bikin Kapal Ternak

Siapkan Rp 90 Miliar Bikin Kapal Ternak
Siapkan Rp 90 Miliar Bikin Kapal Ternak
JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengalokasikan anggaran Rp 90 miliar untuk membangun kapal khusus pengangkut ternak. Dua kapal tersebut diharapkan bisa beroperasi akhir tahun ini, sedangkan satu kapal lagi bakal dibuat 2014. 

"Tahun ini anggarannya Rp 30 miliar untuk memodifikasi dua kapal, yaitu KM Daraki Nusa dan KM Papua Tiga. Masing-masing butuh Rp 15 miliar untuk menyulap yang tadinya kapal barang atau penumpang menjadi kapal khusus ternak," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R. Mamahit, Senin (20/5).

 

Dua jenis kapal yang akan dimodifikasi adalah yang berusia 10 tahun. Pembangunan kapal khusus ternak ini dilakukan untuk membantu menciptakan swasembada daging sapi, pengurangan impor, dan meningkatkan produk ternak dalam negeri. "Awalnya kami berharap dari kapal Pelni, tapi nampaknya terlalu lama jadi kita inisiatif untuk membuat kapal sendiri," sebutnya.

Kedua kapal yang direnovasi tersebut merupakan salah satu armada kapal perintis yang dimiliki Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub dengan ukuran 750 dead weight tonnage (DWT). Targetnya setiap kapal dapat mengangkut kurang lebih 400-an hewan ternak seperti sapi atau kerbau. "Pengerjaannya sekitar lima bulan, jadi akhir tahun ini sudah bisa beroperasi," lanjutnya.

JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengalokasikan anggaran Rp 90 miliar untuk membangun kapal khusus pengangkut ternak. Dua kapal tersebut diharapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News