Siapkan Teknologi untuk Industri Kelautan dan Perikanan

Siapkan Teknologi untuk Industri Kelautan dan Perikanan
Siapkan Teknologi untuk Industri Kelautan dan Perikanan
JAKARTA - Sebagai komoditas yang bernilai ekonomi tinggi, hasil kelautan dan perikanan Indonesia perlu mendapat dukungan riset khususnya untuk industri pengolahannya. Menurut Deputi Kelembagaan Iptek Kementerian Ristek Benyamin Lakitan, pemerintah telah berkomitmen untuk mensinergikan pemanfaatan dan implementasi IPTEK bagi pengembangan industri-industri pangan berbasis kelautan serta perikanan.

Terutama memperkuat ketahanan pangan nasional seperti tertuang dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). "Kemenristek memiliki peran penting, khususnya dari sisi kebijakan dan koordinasi pelaksanaan penelitian, pengembangan dan penerapan (litbangrap) melalui program penguatan sistem inovasi nasional (SINas)," kata Benyamin dalam keterangan persnya, Selasa (27/3).

Ditambahkannya, selama ini sudah banyak hasil riset lembaga penelitian maupun perguruan tinggi terkait kelautan perikanan yang belum dimanfaatkan masyarakat/industri (pengguna teknologi). Karena itu, peranan KADIN sangat dibutuhkan dalam menjembatani antara penghasil dengan pengguna teknologi baik kepada industri/bisnis, pemerintah, masyarakat. (esy/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Harga BBG Ikut Naik

JAKARTA - Sebagai komoditas yang bernilai ekonomi tinggi, hasil kelautan dan perikanan Indonesia perlu mendapat dukungan riset khususnya untuk industri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News