JPNN.com

Sikap Tegas Alumnus Unhan Susilawati Terkait Ideologi Pancasila

Senin, 13 Juli 2020 – 02:58 WIB
Sikap Tegas Alumnus Unhan Susilawati Terkait Ideologi Pancasila - JPNN.com
Alumnus Universitas Pertahanan, Dr. Susilawati. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Alumnus Universitas Pertahanan, Dr. Susilawati meminta para elite bangsa ini terutama DPR dan Pemerintah untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran tinggi agar ideologi Pancasila tidak lagi ditarik-tarik dan diutak atik.

“Jika masih ada upaya untuk mengubahnya maka akan terjadi pertumpahan darah atas sesama anak bangsa dan itu artinya negara chaos, keamanan nasional terganggu. Ini harus dihindari,” kata Susilawari dalam keterangan pers diterima pada Minggu (12/7).

Susilawati menjelaskan sejak diusulkan di DPR RI, pembahasan tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila menjadi Undang-Undang (UU), ada salah satu fraksi di DPR yang menarik diri tidak ikut lebih lanjut dalam rapat panja yaitu Partai Demokrat.

Dia menyebutkan selain situasi covid-19 tetapi juga mengubah ideologi Pancasila tidak ada diatur dalam UU.

“Mengubah ideologi Pancasila berarti mengubah Indonesia secara keseluruhan. Ideologi Pancasila tidak dapat dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) karena sifatnya sudah final dan mengikat,” tegas Susilawati.

Menurutnya, seluruh elemen masyarakat Indonesia juga menolak keras usulan ini. Ideologi Pancasila yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa adalah sebagai wajah Indonesia.

Bangsa Indonesia hanya tinggal menjalankan saja aturan konstitusi yaitu UUD 1945 dengan tertib dan patuh.

Lebih lanjut, dia menyebutkan Partai Demokrat meminta agar RUU HIP menjadi UU harus ditarik dari Prolegnas 2020-2024.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri