Simak 3 Fokus Utama Mendikbud Nadiem Makarim

Simak 3 Fokus Utama Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbud Nadiem Makarim mengakui bahwa tanggung jawab yang diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang cukup besar dan berat.

Kendati demikian, Nadiem menerima tanggung jawab yang diberikan sebagai sebuah kehormatan, karena keyakinan bahwa pendidikan menjadi faktor kunci untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa pada masa depan. 

Cukup banyak tantangan yang harus diselesaikan, salah satunya adalah terkait skala pendidikan di Indonesia yang sangat besar.

"Jumlah muridnya, jumlah gurunya, jumlah pemerintah daerahnya. Dan semua tersebar di archipelago terbesar di dunia, yaitu di Indonesia. Jadi challenge terbesar adalah skalanya," ungkap Nadiem saat memberikan sambutan dalam sertijab Mendikbud dari Muhadjir Effendy, Rabu (23/10). 

Namun, dia optimistis bisa menghadirkan solusi baik dimulai dengan mendengar, berdiskusi, mempelajari kondisi yang ada bersama para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan.

"Yang terpenting adalah kita harus mulai bukan dengan aksi, tetapi kita harus mulai dengan belajar dulu dengan semua stakeholders yang ada," ujar Nadiem. 

"Dari situlah baru kita menemukan solusi-solusi, baik teknologi maupun nonteknologi yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan," sambungnya. 

Lebih lanjut, Nadiem menyatakan bahwa fokusnya adalah memastikan sistem pendidikan yang dapat membentuk karakter generasi penerus bangsa.

Mendikbud Nadiem Makarim mengakui, tanggung jawab yang diamanatkan Presiden Jokowi cukup besar dan berat. Oleh karena itu, ada 3 fokus utama yang akan dilakukannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News