Simak Tips Dokter Ruth Atasi Susah Tidur

Simak Tips Dokter Ruth Atasi Susah Tidur
Tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gangguan tidur (Somnipati) menurut medis bisa disembuhkan atau diatasi melalui beragam cara.

Salah satunya melalui konsultasi ke dokter dan juga mengubah pola aktivitas, sehingga tidur menjadi nyaman.

"Jika sulit tidur telah mengganggu kenyamanan beraktivitas, maka lakukan konsultasi pada dokter, psikolog atau psikiater. Ini pun dilihat dari kasus dan keluhan pasien," tutur Dokter Ruth Katrin Goldina dalam edukasi gangguan tidur secara daring, Selasa (21/9).

Dokter sehari-hari berpraktik tetap di Siloam Hospitals Jantung Diagram, Cinere Depok ini menyarankan agar pasien penderita gangguan tidur menyiapkan catatan guna mendeskripsikan penyebab itu terjadi.

Misalnya, catatan harian berisikan lamanya waktu saat tertidur, waktu saat kondisi terbangun, keluhan yang dirasakan dan sejauh mana rasa ketidaknyaman.

"Dengan rincian catatan ini, dokter atau psikiater dapat menentukan langkah tepat guna mengatasi dan menyembuhkan gangguan sulit tidur," katanya.

Biasanya kata dia setelah konsultasi, dokter akan melakukan tindakan.

Antara lain pemberian obat dengan dosis terukur, mengarahkan pasien guna memperbaiki pola aktivitas dan faktor lingkungan kamar tidur dan lainnya.

Dokter Ruth memberikan tips bagi pasien yang sulit tidur antara lain jangan makan banyak di malam hari dan tidak tidur siang lebih dari 45 menit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News