Siswa Berprestasi Bisa Pilih Sekolah Sesukanya

Siswa Berprestasi Bisa Pilih Sekolah Sesukanya
Siswa Berprestasi Bisa Pilih Sekolah Sesukanya
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan perlakuan khusus kepada para siswa pemenang olimpiade ataupun siswa yang memperoleh prestasi di bidang olahraga yang meraih medali tingkat nasional dan internasional. Para siswa berprestasi berhak memilih sekolah mana pun yang diinginkannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Suyanto mengatakan, hak istimewa yang diberikan pemerintah tersebut merupakan penghargaan kepada para siswa berprestasi. Kebijakan ini diatur dengan Permendiknas Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik.

“Jadi peraih medali dalam olimpiade internasional berhak mendapatkan beasiswa dari Kemdiknas untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Untuk siswa SD bisa memilih mau masuk di SMP yang diinginkan. Siswa SMP dan SMA juga begitu. Intinya, peraih medali berhak mendapatkan beasiswa hingga gelar master dan doctor,” terang Suyanto di Jakarta, Selasa (3/1).

Suyanto juga mengharapkan agar sekolah-sekolah turut memberikan dukungan terhadap para siswa yang memiliki prestasi tersebut. Misalnya, dapat memberikan dispensasi dan memperbolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran di sekolah ketika bertanding.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan perlakuan khusus kepada para siswa pemenang olimpiade ataupun siswa yang memperoleh…