Siswa SDN Belajar Tanpa Kursi, di Kota Bro!

Siswa SDN Belajar Tanpa Kursi, di Kota Bro!
Murid kelas Ib SDN 3 Ketapang belajar di ruang perpustakaan sekolah, tanpa kursi. Foto: LURAH KETAPANG FOR RADAR SAMPIT

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Kondisi SDN 3 Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotawaringin Timur, Kalteng, masih memprihatinkan.

Murid kelas I b di sekolah yang berada di perkotaan itu terpaksa belajar lesehan, hanya menggunakan meja yang seharusnya diperuntukkan ruang perpustakaan sekolah. Tidak ada kursi untuk duduk para siswa.

Kepala SDN 3 Ketapang Abdul Hamid mengatakan, antusiasme masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah yang dia pimpin cukup tinggi, sehingga pihaknya terpaksa menyulap ruang perpustakaan sekolah menjadi ruang belajar sementara.

”Kami membuka pendaftaran murid baru untuk tahun ajaran 2017/2018 itu hanya untuk satu kelas, tapi yang mendaftar lebih dari satu kelas. Kami sudah jelaskan kepada orangtua murid, tidak ada lagi kelas lain yang bisa digunakan, kecuali ruang perpustakaan sekolah. Mereka sepakat daripada anaknya sekolah ke tempat lain,” kata Hamid, Selasa (5/9).

Kondisi ruang perpustakaan sekolah sebagai proses belajar mengajar pada dasarnya lumayan bagus. Hanya saja, kata Hamid, tidak ada kursi dan hanya mengandalkan meja karena ruangan tersebut awalnya untuk perpustakaan.

”Sebenarnya ruang kelas di SDN 3 Ketapang ini banyak yang kurang, idealnya 10 ruang kelas, sementara yang tersedia hanya 7 ruang kelas,” jelas Hamid.

Solusinya, Hamid menambahkan, ada bangunan eks kantor Kelurahan Ketapang lama di belakang SDN 3 Ketapang.

Aset milik Pemkab Kotim itulah yang diusulkan dihibahkan untuk ruang kelas murid atau ruang guru dan kepala sekolah nantinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News