Siswa Yakin Bocoran Benar 70 Persen

Siswa Yakin Bocoran Benar 70 Persen
Siswa Yakin Bocoran Benar 70 Persen
PADANG--Meski Walikota Padang Fauzi Bahar sudah berkali-kali mengingatkan agar para siswa tidak percaya dengan kunci jawaban yang beredar lewat SMS, namun tetap saja para siswa memercayainya. Sejumlah siswa SMP di Kota Padang mengaku mendapatkan SMS beris kunci jabawan, yang diyakini memang kunci jawaban itu asli.

Pengakuan Dika, siswa SMPN di Kota Padang, mengaku mendapatkan kunci jawaban UN mata pelajaran Bahasa Indonesia kemarin dari temannya via SMS. Bocoran via SMS itu diterima baru pagi hari jelang ujian. Dia juga sempat mendiskusikan SMS tersebut dengan teman-temannya. "Benar, kami dikasih SMS kunci jawaban. Ketika dicocokkan dengan soal dan jawaban yang kami buat, banyak benarnya. Perkiraan saya, sekitar 70 persen kunci itu benar," kata Albert menimpali. Saat ujian, ternyata Albert sempat menggunakan kunci jawaban itu untuk melihat sejauh mana kunci tersebut benar.

Menanggapi hal itu,  Wali Kota Padang Fauzi Bahar mengatakan, pihaknya sudah mewanti-wanti agar tak ada yang percaya dengan SMS dari pihak tak bertanggung jawab itu. Sebab, hal itu akan membahayakan siswa sendiri. Dijelaskan, jika misalnya kunci yang beredar untuk soal kelompok A, sementara anak yang mendapatkan SMS mengerjakan soal kelompok B, "tentu nilai mereka akan hancur." Fauzi sendiri kemarin meninjau pelaksanaan UN di SMPN 12 dan SMPN 25.

Lain lagi sikap Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Bambang Sutrisno. Dia membantah kemungkinan kunci jawaban tersebut benar. Baginya, kunci jawaban benar, jika semua jawaban yang diberikan memang benar. "Kalau hanya 30 dari 50 soal yang benar, itu bukan kunci jawaban namanya," tegas Bambang.

PADANG--Meski Walikota Padang Fauzi Bahar sudah berkali-kali mengingatkan agar para siswa tidak percaya dengan kunci jawaban yang beredar lewat SMS,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News