Siswi Iran Memberontak, Copot Hijab dan Acungkan Jari Tengah

Siswi Iran Memberontak, Copot Hijab dan Acungkan Jari Tengah
Siswi sekolah di Iran melepas hijab mereka lalu mengacungkan jari tengah ke arah foto Ayatollah Khamenei dan Ayatollah Ruhollah Khomeini. Foto: BBC/Twitter

jpnn.com, TEHERAN - Para siswi di Iran telah mencopot hijab mereka dan melambaikannya di udara sambil meneriakkan pembangkangan terhadap rezim ulama yang berkuasa.

Aksi yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam sejarah republik Islam tersebut merupakan bentuk dukungan bagi para pengunjuk rasa yang telah mengguncang negara tersebut.

Video yang diverifikasi oleh BBC menunjukkan demonstrasi di dalam halaman sekolah dan di jalan-jalan beberapa kota.

Mereka menggemakan dukungan bagi aksi yang dipicu oleh kematian seorang wanita yang ditahan karena melanggar hukum hijab bulan lalu.

Di Karaj, gadis-gadis dilaporkan memaksa seorang pejabat pendidikan keluar dari sekolah mereka.

Rekaman yang diposting di media sosial pada hari Senin menunjukkan mereka meneriakkan "malu" dan melemparkan apa yang tampak seperti botol air kosong ke pria itu sampai dia mundur melalui gerbang.

Dalam video lain dari Karaj, yang terletak di sebelah barat ibukota Teheran, para siswa terdengar berteriak: "Jika kita tidak bersatu, mereka akan membunuh kita satu per satu."

Di kota selatan Shiraz pada hari Senin, lusinan siswi memblokir lalu lintas di jalan utama sambil melambaikan hijab mereka ke udara dan meneriakkan "matilah diktator" - merujuk pada Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, yang memiliki keputusan akhir pada semua urusan negara.

Republik Islam Iran kini punya musuh baru dalam upayanya menegakkan hukum hijab: Para siswi sekolah

Sumber BBC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News