Siti Zuhro Berharap Presiden Bahas Hal ini Pada Pidato Kenegaraan

Siti Zuhro Berharap Presiden Bahas Hal ini Pada Pidato Kenegaraan
Ilustrasi - Peneliti LIPI Siti Zuhro. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyoroti keberadaan Badan Riset dan Inovasi (BRIN).

Dia bahkan berharap Presiden Joko Widodo membahas BRIN pada pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8).

"BRIN sebagai institusi baru sempat menimbulkan polemik," ujar Siti Zuhro dalam keterangannya, Minggu (15/8).

Menurut Siti, polemik tersebut diakibatkan oleh Peraturan Presiden yang dinilai tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11/2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek).

Penyebab lainnya, kekhawatiran terhadap dibubarkannya 84 lembaga yang dilebur ke dalam BRIN, serta kebingungan dan ketidakpastian khususnya terkait dengan nomenklatur baru.

"Pengalaman menyatukan lembaga menunjukkan sesuatu yang tidak sederhana, butuh waktu dan penyesuaian yang memadai," ucapnya.

Dia juga mengatakan kelembagaan yang efektif sangat diperlukan Indonesia untuk membangun SDM unggul, serta menciptakan teknologi dan inovasi.

Sebagai lembaga baru, tutur Siti menambahkan, BRIN mendapat beban yang sangat berat bila menggabungkan empat lembaga terkait penelitian dan ilmu pengetahuan teknologi, seperti menggabungkan LIPI, BPPT, LAPAN dan BATAN yang sudah hampir dewasa.

Siti Zuhro berharap Presiden Joko Widodo membahas hal ini pada pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News