Kamis, 21 Maret 2019 – 22:47 WIB

Skema Visa Pekerja Berketerampilan Rugikan Industri Pertanian Di NT

Rabu, 02 Januari 2019 – 22:00 WIB
Skema Visa Pekerja Berketerampilan Rugikan Industri Pertanian Di NT - JPNN.COM

Petani melon dari Wilayah Utara Australia (NT), David Cormack menyalahkan sistem visa Australia atas kondisi kelangkaan pekerja yang membuat bisnis buah melonnya terancam tutup.

David Cormack masih akan bertahan selama satu musim tanam terakhir sebelum ia menutup gerbang pertaniannya untuk yang terakhir kalinya dan mengakhiri pekerjaan yang telah ditekuninya seumur hidup.

Dia mengatakan hal itu terjadi karena ketidakmampuan untuk menarik dan mempertahankan pekerja di ujung utara Australia.

Setiap tahun, situasi yang dihadapi David Cormack terus memburuk, ketika ia mendapati dirinya merekrut pekerja yang tidak terampil, tidak berpengalaman, atau dicurigai sebagai pecandu narkoba.

Dia menyalahkan sistem visa Australia.

"Situasi kami sangat mengerikan, bahwa Anda mendapatkan seseorang yang anda ajarkan dan mereka akhirnya pergi," kata David Cormack.

"Sekarang, kita harus mengurangi produksi untuk tahun ini, dan jika situasinya semakin memburuk kita akan berhenti berfungsi sebagai pertanian melon."

Pemerintah Northern Territory mengatakan populasi yang semakin menipis dan berketerampilan yang meluas akan ditingkatkan melalui program migrasi lima tahun kedua yang baru, Perjanjian Migrasi Area yang Ditunjuk (DAMA II).

Program ini yang merupakan kesepakatan antara NT dan pemerintah Federal, mulai berlaku pada tanggal 1 Januari, dan berarti bahwa saat ini sebanyak 36 pekerjaan tambahan akan tersedia untuk warga negara asing di wilayah hukum tersebut.

Ketentuan ini juga akan ditingkatkan menjadi 117 jika terjadi kekurangan pekerja di mana majikan dapat merekrut migran yang terampil jika mereka tidak dapat mengisi posisi itu secara lokal, Kepala Menteri Michael Gunner mengatakan dalam sebuah pernyataan hari ini (2/1/2019).

Di bawah program ini, pengusaha harus terlebih dahulu melakukan pengujian pasar tenaga kerja dalam upaya untuk merekrut pekerja Australia terlebih dahulu sebelum pekerja luar negeri dapat direkrut.

Program ini akan membantu pemberi kerja di NT untuk mempertahankan staf selama lima hingga tujuh tahun, dan bagi para migran untuk dapat mempercepat aplikasi mereka untuk tinggal permanen setelah tiga tahun bekerja di Australia.

Skema baru merugikan sektor pertanian

Tetapi sementara skema baru ini sebagian besar merupakan kemenangan trifecta bagi pengusaha, migran, dan NT, kejatuhan terbesarnya justru dirasakan di sektor pertanian, kata salah satu agen migrasi.

"Secara umum, program DAMA berfokus pada industri pariwisata dan perhotelan, dan sekarang DAMA II memiliki daftar yang lebih luas untuk memasukkan pekerja yang kurang terampil," kata Manuela Seiberth, Direktur Agensi Migrasi Swasta Northern Immigration.

"Menurut pendapat saya, seharusnya ada lebih banyak pekerjaan yang [diizinkan], terutama di sektor pertanian, karena petani NT telah menyatakan kesulitan mereka dalam menarik dan mempertahankan pekerja.

"Sejauh ini dalam daftar DAMA, ada pekerjaan pertanian seperti petani buah dan sayuran, yang kedengarannya seperti pekerjaan berketerampilan rendah tetapi sebenarnya mengharuskan orang yang melakukannya untuk memiliki gelar sarjana.

"Tapi petani terutama membutuhkan pekerja berketerampilan rendah."

David Cormack mengaku dia sudah berkali-kali berusaha menemui pemerintah NT dan Menteri Pembangunan Utara federal, Matt Canavan untuk mengadukan masalahnya.

Namun dia hanya dibolak-balik, diabaikan, dan Menteri Canavan hanya berjalan menjauhinya ketika dia bertanya langsung mengapa rencana visa pertanian dibatalkan pada menit terakhir.

Pemerintah Northern Territory dan Menteri Canavan telah dihubungi untuk dimintai komentar.

Migran terampil akan tinggal di NT

Sementara itu Michael Gunner mengatakan peluang mendapatkan ijin tinggal permanen memberi para migran terampil insentif besar untuk pindah ke NT dan tinggal untuk jangka panjang.

"Setiap wilayah mendapat manfaat ketika kita menarik lebih banyak orang," katanya.

"Semakin banyak orang berarti lebih banyak pekerjaan dan ekonomi yang lebih kuat, yang berarti sekolah yang lebih baik, rumah sakit yang lebih baik, dan lebih banyak polisi."

Dia mengatakan NT memiliki "sejarah panjang dan bangga tentang migrasi warga negara asing dan mereka telah menjadi kontributor utama pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan populasi, dan keragaman sosial", dimana perjanjian baru ini akan terus membantu.

DAMA II adalah contoh dari Pemerintah Federal yang menggunakan migrasi untuk merangsang bagian-bagian tertentu dari negara bagian ini, kata David Coleman, Menteri Federal untuk Urusan Imigrasi, Kewarganegaraan dan Multikultural.

"Prioritas pertama kami adalah selalu mengisi pekerjaan dengan warga Australia, tetapi sistem imigrasi dapat memainkan peran penting dalam membantu mengatasi kesenjangan keterampilan regional," katanya dalam sebuah pernyataan.

Desakan pengaturan pekerja musiman

Tetapi setelah begitu banyak kerugian yang dialami pemilik bisnis, David Cormack mengatakan ada harapan bahwa DAMA II bisa menjadi jawaban untuk masalahnya, dan juga banyak petani NT lainnya.

"Saya benar-benar ingin mereka mengizinkan kami membawa orang-orang yang cocok dengan keterampilan yang diperlukan untuk dapat datang setiap tahun untuk melakukan musim produksi kami," katanya.

"Ini kesempatan bagus bagi mereka; mereka mendapatkan uang, mendapatkan keterampilan, dan meningkatkan bahasa Inggris mereka dengan berada di sini."

Para pakar migrasi mengatakan, tergantung pada Pemerintah NT untuk mencari cara memasukkan pekerjaan seperti pertanian di skema DAMA II.

Mereka mengatakan ada ruang bagi NT untuk mendukung pengaturan pekerja musiman dan membawanya ke Pemerintah Federal, yang pada akhirnya akan menyetujui atau menolak aplikasi visa DAMA II berdasarkan kasus per kasus.

Pendatang asing pada ketentuan DAMA II masih perlu dibayar dengan tingkat gaji minimum $ 53.900, tetapi ada kemungkinan skema tersebut dapat disesuaikan dengan pekerjaan musiman.

Pemerintah oposisi dari Partai Liberal di NT Country menyambut baik pengumuman DAMA II.

"Sangat menyenangkan melihat ini akhirnya membuahkan hasil, serta saran kami untuk kemungkinan subsidi biaya HEC yang terhubung dengan mereka yang mengamankan pekerjaan pertama mereka pada kelulusan di Northern Territory," kata Pemimpin Oposisi Gary Higgins dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan akan terus melobi Canberra "untuk pertimbangan tambahan termasuk kemungkinan keringanan pajak dan peningkatan tunjangan daerah dan terpencil serta desentralisasi lebih lanjut dari pegawai Layanan Publik Australia yang sesuai".

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.

Ikuti berita lainnya dari ABC Indonesia.

 
SHARES
Komentar