Skenario Penanganan Kapal Ikan Asing Membawa Narkoba di Laut Natuna Utara

Skenario Penanganan Kapal Ikan Asing Membawa Narkoba di Laut Natuna Utara
Bakamla membahas skenario penanganan kapal ikan asing yang membawa narkoba di laut Natuna Utara, Kamis (7/11). Foto: Humas Bakamla

jpnn.com, JAKARTA - Kewaspadaan akan bahaya terorisme, pembajakan dan pelanggaran wilayah perbatasan menjadi perhatian bersama. Upaya penanganannya tidak dapat dilaksanakan secara sendiri, perlu sinergi antarpenegak hukum di laut.

Hal ini disampaikan oleh Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Operasi Laut Kolonel Bakamla Asep Budiman saat memberikan pengarahan untuk pelaksanaan geladi studi kasus bagi peserta Briefing dan Geladi Posko Keamanan dan Keselamatan Laut di Aula Mabes Bakamla RI, Jalan Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/11/19).

Sehari sebelumnya, para peserta telah menerima materi paparan Kebijakan Gaklat dan Gakkum di laut Natuna Utara oleh Diplomat Muda Direktorat Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Dr. Gulardi Nurbintoro dan materi paparan Penanggulangan Kejahatan Terorisme di Wilayah Perbatasan Maritim Indonesia dan Filipina oleh Sestama BNPT Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi.

Dalam pelaksanaan studi kasus ini, para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diketuai oleh Kepala Pangkalan Kamla Batam Kolonel Ade P, S. Kel, dengan anggota yang terdiri dari Bakamla, KKP dan Bea Cukai.

Adapun skenario yang harus dikerjakan adalah kasus situasi laut Natuna Utara yang diketahui terdapat satu kapal pengawas perikanan Vietnam berpatroli digaris batas landas kontinen, diduga ada satu kapal Ikan Asing (KIA) membawa narkoba yang ditransfer dari kapal kargo yang melintas dan pada saat yang sama terdapat satu KRI, satu KN, satu KP beroperasi di wilayah tersebut.

Kemudian, kelompok dua diketuai oleh Kabid Ops Kamla Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Ahmad Muharam dengan anggota yang terdiri dari Bakamla, TNI AL, BNPT, KPLP, Ditpolair Baharkam Polri, BNN dan Imigrasi.

Adapun skenario yang harus dikerjakan adalah kasus situasi laut Sulawesi yang diketahui terdapat kapal kargo berbendera Panama MV. Global Ambision yang dibajak oleh kelompok bersenjata pada TW. 1103.2100 WITA di laut Sulu, pada TW 1105.1700 WITA kapal tersebut terdeteksi berada di laut Sulawesi dengan kecepatan 12 knots.

Berdasarkan info dari interpol, kelompok tersebut juga membawa senjata dan hendak diselundupkan ke Sulteng melalui Tinakareng di Sulut. Senjata tersebut akan digunakan kelompok teroris di Sulteng untuk melaksanakan aksinya. Pada saat yang sama terdapat 1 KRI dan 1 KN Bakamla sedang beroperasi di wilayah tersebut dalam rangka Patkor Indomalphi. Sedangkan 2 KRI, 1 KN, 2 KP Polisi dan 1 BC berada di pangkalan masing-masing. Terdapat juga 1 Patmar TNI AL standby di Lanudal Manado.

Badan Keamana Laut atau Bakamla membahas skenario penanganan kapal ikan asing yang membawa narkoba di laut Natuna Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News