Soal Aksi 1 Desember, Irjen Daniel: Pelanggar Akan Ditindak Tegas, Ini Perintah

Soal Aksi 1 Desember, Irjen Daniel: Pelanggar Akan Ditindak Tegas, Ini Perintah
Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Polisi Daniel TM Silitonga. ANTARA/Hans Arnold Kapisa

jpnn.com, MANOKWARI - Kapolda Papua Barat Irjen Daniel TM Silitonga mengeluarkan instruksi kepada jajarannya untuk menindak tegas perusuh pada aksi 1 Desember di provinsi itu.

Irjen Daniel juga memerintahkan anak buahnya meningkatkan pengamanan di masing-masing wilayah untuk mencegah terjadinya aksi yang bertentangan dengan ideologi negara Indonesia.

"Jika ada aksi dari kelompok-kelompok tertentu yang berpotensi mengganggu ketertiban umum, akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku," ucap Irjen Daniel di Manokwari, Rabu malam (30/11).

Jenderal bintang dua itu menyebut di daerah itu masih ada kelompok tertentu yang menganggap 1 Desember sebagai hari bersejarah mereka.

Oleh karena itu, dia menginbau masyarakat Papua Barat jangan ikut-ikutan dalam kegiatan yang melanggar aturan dan mengarah pidana.

"Pelanggar akan ditindak tegas. Ini perintah," ucap Irjen Daniel.

Dia pun mengajak tokoh masyarakat, adat, serta pemuda agar bersama-sama menjaga situasi kondusif di wilayah Papua Barat.

"Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan diimbau tidak terprovokasi dengan berbagai ajakan atau isu tentang 1 Desember. Mari wujudkan kedamaian di Tanah Papua Barat ini," kata Daniel.

???Kapolda juga meminta masyarakat yang menemukan kegiatan-kegiatan bertentangan dengan aturan hukum di NKRI, segera melapor ke nomor pengaduan cepat 110 atau kantor kepolisian terdekat.

Sementara itu, Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom menyatakan pihaknya pada 1 Desember mengerahkan ratusan polisi untuk melakukan pengamanan di sejumlah titik lokasi yang sudah dipetakan.

"Personel Polres Manokwari sudah dikerahkan untuk meningkatkan patroli dan pengamanan di beberapa tempat yang berpotensi terjadi gangguan keamanan," ujar Kapolres Manokwari. (antara/jpnn)


Kapolda Papua Barat Irjen Daniel TM Silitonga mengeluarkan instruksi tegas untuk menindak pelanggar saat aksi 1 Desember 2022 di wilayah hukumnya. Ini serius!


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News