Soal Boikot Olimpiade Musim Dingin, Komisi X Dorong Tiongkok Lakukan Diplomasi Politik

Soal Boikot Olimpiade Musim Dingin, Komisi X Dorong Tiongkok Lakukan Diplomasi Politik
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. Ilustrasi Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyikapi gerakan boikot diplomatik oleh beberapa negara yang menolak mengirimkan delegasi ke Olimpiade musim dingin di Beijing, Tiongkok pada 4 hingga 20 Februari 2022 mendatang.

Hingga saat ini, negara yang sudah mengambil langkah boikot tersebut ialah Amerika Serikat (AS), Inggris, Kanada, Australia, dan Denmark.

Boikot tersebut dilakukan sebagai sikap atas catatan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Tiongkok terhadap minoritas Uighur di Xinjiang.

"Seharusnya pihak pemerintah Tiongkok bisa mendorong diplomasi politik agar bisa mengatasi masalah tersebut. Kalau tidak ada langkah konkretnya, akan banyak sekali kepentingan politik yang menghancurkan gelaran tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Tidak hanya itu, dirinya juga berharap pemerintah Tiongkok menemukan jalan tengah untuk mengatasi masalah tersebut agar gelaran Olimpiade Beijing 2022 bisa berlangsung dengan sukses.

Terlebih penyelenggaraan olimpiade musim dingin waktunya sudah sangat dekat.

"Seharusnya ada titik temu atau solusinya bagaimana. Kalau kita (Indonesia) selalu mendukung agar segala sesuatu yang berurusan dengan olahraga tidak disangkut pautkan dengan urusan politik," katanya.(dkk/jpnn)

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyikapi gerakan boikot diplomatik oleh beberapa negara yang menolak mengirimkan delegasi ke Olimpiade musim dingin di Beijing


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News