Soal HAM, SBY Kalah Jauh dibanding Gus Dur

Soal HAM, SBY Kalah Jauh dibanding Gus Dur
Soal HAM, SBY Kalah Jauh dibanding Gus Dur
JAKARTA - Ketua Komnas Hak Azasi Manusia (HAM), Ifdhal Kasim menilai penegakan HAM saat ini mengalami erosi. Menurutnya, erosi penegakan HAM itu akibat maraknya aksi teroris dan politik global tak lagi membicarakan pelanggaran HAM.

"Yang ada solusi alamiah. Artinya orang dibiarkan lupa dalam kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu. Karena orang tak punya ingatan lagi soal ini. Terlebih-lebih pada (periode pemerintahan) SBY yang kedua ini, tak ada kebijakan untuk menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu," kata Ifdhal usai seminar Politik Hukum dan HAM Indonesia di gedung KY, selasa (26/4).

Ifdhal menambahkan, regulasi dan kebijakan eksekutif yang mendorong penegakan HAM hanya ada pada masa kepemimpinan almarhum Gus Dur. Namun seusai era Gus Dur, tak ada lagi politik penegakan HAM.

"Semua regulasi muncul dalam jaman itu (gus Dur). Periode Megawati hanya melanjutkan saja. Meski ada juga pembatasan," tuturnya.

JAKARTA - Ketua Komnas Hak Azasi Manusia (HAM), Ifdhal Kasim menilai penegakan HAM saat ini mengalami erosi. Menurutnya, erosi penegakan HAM itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News