Soal IEU CEPA, Wamendag Tekankan Kepentingan Nasional

Soal IEU CEPA, Wamendag Tekankan Kepentingan Nasional
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (kedua dari kiri depan) saat bertemu dengan Managing Director European External Action Service (EEAS) untuk Asia Pasifik Gunnar Wiegand, Selasa (18/1). Foto dok Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Percepatan perundingan kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Uni Eropa atau Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA) menjadi salah satu fokus Kementerian Perdagangan tahun ini.

Dalam proses perundingan, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menuturkan kepentingan nasional juga perlu diutamakan untuk memastikan perjanjian ini memberi manfaat ekonomi yang maksimal.

“Kepentingan nasional jadi prinsip yang harus diperjuangkan dalam proses perundingan ini. IEU CEPA perlu cepat diselesaikan dan juga memberikan manfaat besar nantinya,” kata Jerry saat bertemu dengan Managing Director European External Action Service (EEAS) untuk Asia Pasifik Gunnar Wiegand, Selasa (18/1).

Agenda ini merupakan pertemuan lanjutan untuk mengupayakan percepatan perundingan sekaligus pembahasan isu perdagangan terkini antar kedua belah pihak.

Salah satu isu yang menjadi perhatian adalah tinjauan Uni Eropa terhadap produk kelapa sawit Indonesia.

Perubahan paradigma serta makin intensifnya perhatian Uni Eropa terhadap isu lingkungan, memang punya dampak pada beberapa komoditas dagang Indonesia.

Hal ini membuat kedua belah pihak perlu melakukan perundingan lanjutan. Terutama berkaitan dengan kerangka konsep perdagangan dan kerja sama yang lebih luas untuk mengakomodasi kepentingan dan karakter sosial ekonomi masing-masing.

“Memang ada beberapa perkembangan dan dinamika. Salah satu tujuan dilakukan pertemuan lanjutan ini untuk memastikan bahwa hal tersebut tidak mengganggu hubungan dagang kedua belah pihak. Kami cari titik temu dan pemahaman kondisi masing-masing,” tutur Jerry.

Kepentingan nasional jadi prinsip yang harus diperjuangkan dalam proses perundingan ini. IEU CEPA perlu cepat diselesaikan dan juga memberikan manfaat besar nantinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News