Soal Isu Mahar Politik Rp 500 M, Alasan Kubu Pembantah Terlalu Lemah

Soal Isu Mahar Politik Rp 500 M, Alasan Kubu Pembantah Terlalu Lemah
Emrus Sihombing. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing mengingatkan semua pihak untuk tidak reaktif merespons dugaan mahar politik Rp 500 miliar dalam proses pemilihan calon menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Terkait isu tersebut, para pihak sebaiknya menahan diri untuk tidak terlalu reaktif menolak atau membantah isu tersebut," kata Emrus, Selasa (26/11).

Dia menyarankan para pihak untuk saling konfirmasi menguji kebenaran isu tersebut. "Bukan malah seolah kebakaran jenggot," tegas pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan itu.

Menurut Emrus, argumentasi penolakan dengan alasan gaji yang diterima sebagai menteri kurang lebih hanya Rp 100 juta per bulan dan per tahun Rp 6 miliar sehingga tidak logis membayar Rp 500 miliar, juga terlalu sederhana dan sangat lemah.

Dia menjelaskan bila memang hasil investigasi ada yang mau membayar Rp 500 miliar, boleh jadi orang yang bersangkutan telah melakukan kalkulasi dalam bentuk korupsi anggaran kementerian per tahun yang mencapai puluhan triliunan rupiah. "Ataupun korupsi kebijakan seperti perizinan," tegasnya.

Direktur eksekutif EmrusCorner itu mengatakan bahwa menteri tetaplah seorang manusia yang bisa saja jabatannya sebagai produk transaksional.

"Bukankah beberapa menteri kita sudah ada yang berurusan dengan KPK terkait dengan tindak pidana korupsi?" ujarnya.

Selain itu, kata dia, argumentasi kalau Rp 500 miliar akan mudah diditeksi dan diketahui oleh PPATK, sebenarnya menafikan ungkapan, "maling selalu selangkah lebih maju daripada penindakan atau pencegahan."

Pengamat politik Emrus Sihombing berharap ada investigasi terkait isu mahar politik Rp 500 miliar dalam proses pemilihan calon menteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News