Soal Laut China Selatan, Sekjen ASEAN Tolak Disebut Gagal

Brunei Darussalam Ketua 2013

Soal Laut China Selatan, Sekjen ASEAN Tolak Disebut Gagal
Soal Laut China Selatan, Sekjen ASEAN Tolak Disebut Gagal
PHNOM PENH - KTT ASEAN ke-21 Kamboja yang dirangkai dengan KTT Asia Timur berakhir, kemarin (20/11). Penutupan ditandai dengan penyerahan palu keketuaan ASEAN dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen kepada Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Brunei menjadi ketua ASEAN untuk tahun 2013.

Sultan Brunei mengatakan, posisi ketua ASEAN tersebut menjadi yang pertama bagi Brunei. Dia mengapresiasi keketuaan Kamboja pada tahun 2012 dan akan melanjutkan apa yang menjadi kesepakatan forum, termasuk pembahasan menuju ASEAN Community 2015.

"ASEAN terus berkembang dan menghadapi permasalahan yang kompleks. Namun kita harus tetap menjaga untuk menuju ASEAN Community," katanya.

Menurutnya, saat ini negara-negara dihadapkan pada tantangan dan peluang globalisasi. Ada aspek positif dan negatif yang perlu diperhatikan. "Tapi di atas itu semua, kita akan bekerja dan memohon pada Tuhan untuk ASEAN sebagai sebuah komunitas," katanya. Tahun depan, KTT ASEAN akan mengangkat tema Our People, Our Future Together.

PHNOM PENH - KTT ASEAN ke-21 Kamboja yang dirangkai dengan KTT Asia Timur berakhir, kemarin (20/11). Penutupan ditandai dengan penyerahan palu keketuaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News