Soal Unas Divariasi untuk Tekan Contek-contekan

Soal Unas Divariasi untuk Tekan Contek-contekan
Soal Unas Divariasi untuk Tekan Contek-contekan
JAKARTA - Panitia Ujian Nasional (Unas) 2011 terus mencari formula untuk menekan pelanggaran dalam pelaksanaannya nanti. Di antaranya yang dinilai rawan adalah kecurangan berbentuk contek-contekan. Untuk antisipasi, disiapkan lima modifikasi atau variasi soal unas dalam satu kelas.

  

Kebijakan aturan lima variasi soal tersebut diutarakan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional Mansyur Ramli. Menurut dia, memperbanyak variasi soal tersebut bisa menekan siswa saling contek. "Dulu variasi cuma dua. Sekarang kita buat lebih bervariasi lagi," tandas dia.

Aturan pemberlakuan lima variasi soal dalam satu kelas tersebut, bukan tanpa persoalan. Mansyur menerangkan, semakin banyaknya variasi soal tersebut bisa menimbulkan persoalan baru dalam proses percetakan naskah soal.

Tahun lalu saja, dimana naskah soal hanya terdiri dari dua varian sudah terdapat kesalahan saat distribusi soal ke peserta unas. Kesalahan diantaranya, naskah soal A masuk ke amplop soal B. Begitu pula sebaliknya. Kekeliruan tidak hanya terjadi antarsoal dalam satu pelajaran saja. Tetapi, jelas Mansyur, di beberapa kasus ada kekeliruan memasukkan naskah soal dari pelajaran yang berbeda.

JAKARTA - Panitia Ujian Nasional (Unas) 2011 terus mencari formula untuk menekan pelanggaran dalam pelaksanaannya nanti. Di antaranya yang dinilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News