Spanyol Berkuasa di Kasta Kedua

Spanyol Berkuasa di Kasta Kedua
Spanyol Berkuasa di Kasta Kedua
MADRID - Final sesama klub Spanyol memang gagal terwujud di Liga Champions.  Namun, situasinya berbeda di ajang Europa League yang disebut-sebut sebagai ajang antarklub kasta kedua di Eropa.  Gelar musim ini sudah pasti menjadi milik klub Liga Primera Spanyol, seiring sukses Atletico Madrid dan Athletic Bilbao menyingkirkan lawan-lawannya di leg kedua semifinal kemarin dini hari WIB.

     

Bilbao memegang peran atas terciptanya all Spanish final musim ini.  Bilbao yang kalah 1-2 dari Sporting Lisbon di leg pertama pekan lalu, memastikan tiket final setelah menggasak wakil Portugal tersebut dengan skor 3-1 (2-1) di San Mames kemarin dini hari WIB. Bilbao menang lewat gol Markel Susaeta (17"), Ibai Gomez (45"), dan Llorente (88"). Satu gol Sporting dicetak Ricky van Wolfswinkel (44).

Bilbao akan berhadapan dengan Atletico Madrid di final yang berlangsung di Arena Nationala, Bucharest pada 9 Mei mendatang.  Atletico sendiri lolos setelah menaklukkan Valencia 1-0.

   

Bentrok Atletico versus Bilbao di final menjadi final sesama Spanyol kedua di Europa League. Duel sesama Spanyol sebelumnya terjadi pada 2007 antara Sevilla melawan Espanyol. Di sisi lain, ini merupakan final kedua Bilbao di kancah Eropa.  Final pertama mereka rasakan di ahang Piala UEFA pada 1977.  Sayang, saat itu mereka ditaklukkan Juventus.

   

MADRID - Final sesama klub Spanyol memang gagal terwujud di Liga Champions.  Namun, situasinya berbeda di ajang Europa League yang disebut-sebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News