SPP SMA/SMK RSBI Tidak Ikut Gratis

SPP SMA/SMK RSBI Tidak Ikut Gratis
SPP SMA/SMK RSBI Tidak Ikut Gratis
JAKARTA -- Rencana pemerintah untuk menggratiskan SPP untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 2013, rupanya ada yang dikecualikan. Dirjen Pendidikan Menengah Kemdiknas, Hamid Muhammad memastikan, sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), tetap akan memungut dana dari siswa.

Alasannya, sekolah RSBI tidak mendapatkan jatah Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang masuk dalam program Rintisan BOS Sekolah Menengah yang dimulai 2012. Program ini ditargetkan sudah mapan di 2013, sehingga pada 2013 tak perlu ada kata "rintisan" lagi.

Hamid menyebutkan, sekolah SMA/SMK berstatus RSBI dinilai sebagai sekolah yang mapan. “Yang jelas kita fokuskan untuk sekolah standar pelayanan minimal dulu. Kalau sekolah yang mapan seperti RSBI, tidak dapat (dana Rintisan BOS),” ungkap Hamid ketika ditemui di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (28/9).

Hamid menjelaskan, di dalam konsep Rintisan BOS Sekolah Menengah ini, tidak sama dengan dana BOS untuk jenjang pendidikan dasar. Rintisan BOS Sekolah Menengah ini bukanlah secara utuh untuk menggratiskan biaya sekolah layaknya dana BOS pendidikan dasar.  Tetapi sebagai upaya agar sekolah bisa terjangkau semua kalangan. Dengan kata lain, tidak semua sekolah SMA/SMK mendapatkan Rintisan BOS ini.

JAKARTA -- Rencana pemerintah untuk menggratiskan SPP untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 2013, rupanya ada yang dikecualikan. Dirjen Pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News