Startup Indonesia Memukau VC Australia di Ajang Speed Dating

Startup Indonesia Memukau VC Australia di Ajang Speed Dating
Ajang 360 Lightning Speed Australia-Indonesia startup Virtual Speed Dating. Foto: dok. Xendit

jpnn.com, JAKARTA - Ekosistem startup tanah air yang tumbuh subur telah lama menarik perhatian investor dari berbagai negara, seperti China, Singapura, Amerika Serikat dan Jepang.

Beberapa tahun belakangan, perusahaan-perusahaan modal ventura (VC) di Australia juga mulai menunjukkan minatnya terhadap sektor startup Indonesia.

Xendit, perusahaan payment gateway ikut mendorong perkembangan terbaru ini dengan menyelenggarakan ajang ‘kencan kilat’ virtual yang mempertemukan 50 startup teknologi dari Indonesia dengan 7 perusahaan modal ventura dari Australia.

Acara bertajuk 360 Lightning Speed Australia-Indonesia startup Virtual Speed Dating itu diadakan selama delapan hari dan didukung oleh Komisi Perdagangan dan Investasi Australia (Austrade) dan Alumni Grant Scheme (AGS), yang dikelola oleh Australia Awards di Indonesia.

Ajang ‘kencan kilat’ tersebut diawali dengan sesi konsultasi individu yang diadakan pada 18 hingga 20 Agustus 2021. Pada tahap ini, konsultan dari perusahaan konsultasi PrepareLabs memberikan masukan dan kritik membangun untuk pitch deck masing-masing startup.

Pada sesi ‘kencan kilat’ yang diadakan setelahnya pada tanggal 23-27 Agustus 2021, masing-masing startup diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan rencana bisnis mereka di hadapan calon investor.

Luthfi Juharta, Business Development Experiment & Partnership di Xendit mengatakan acara ini bertujuan memperkenalkan ekosistem startup teknologi di Indonesia dengan ekosistem modal ventura di Australia.

"Kami berharap ke depannya akan ada lebih banyak perusahaan modal ventura Australia yang berpartisipasi dan terus memperhatikan perkembangan startup di Indonesia, agar mereka bisa mengenali bahwa ini adalah lahan yang menarik untuk menanamkan investasi mereka,” kata Luthfi dalam keterangan tertulis, Kamis (2/9).

Dia menambahkan bahwa Xendit menyelenggarakan 360 Lightning Speed untuk membantu pertumbuhan UKM di tanah air.

Startup Indonesia berhasil memukai modal ventura (VC) Australia di ajang Speed Dating.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News