Status Literasi Digital Indonesia 2022 Meningkat, Simak Data Lengkapnya 

Status Literasi Digital Indonesia 2022 Meningkat, Simak Data Lengkapnya 
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center meluncurkan status literasi digital Indonesia 2022 pada 1 Februari. Foto Humas Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan status literasi digital Indonesia pada 2022 mengalami kenaikan menjadi 3,54 dibandingkan tahun 2021, yaitu 3,49.

Skor tersebut menunjukkan bahwa literasi digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”. 

"Pengukuran dengan Kerangka Indeks Literasi Digital tahun 2022 ini menggunakan empat pilar, yaitu kecakapan digital.(Digital skill), Etika Digital (digital ethics), Keamanan Digital (digital savety), dan budaya digital (digital culture)," terang Semuel Abrijani  dalam keterangannya, Senin (6/2).

Dia melanjutkan pilar budaya digital (3,84) memiliki skor tertinggi, diikuti etika digital (3,68), kecakapan digital (3,52) dan keamanan digital (3,12).

“Hasil survei ini menjadi pijakan bagi kami dalam melakukan pemetaan target sasaran serta pemetaan kebutuhan literasi digital masyarakat, agar Program Nasional Literasi Digital dapat dieksekusi secara efektif dan tepat sasaran,” jelas Semuel. 

Deputy Head Katadata Insight Center Vivi Zabkie menyampaikan mengenai kilas balik survei literasi digital yang telah dilakukan sejak 2020.

Selain literasi digital, ada beberapa penemuan yang didapatkan selama melakukan survei, seperti perubahan pola hidup masyarakat yang berhubungan dengan intensitas penggunaan internet.

“Orang sudah banyak bercakap offline, tetapi belanja (produk digital]-nya naik. Kenapa bisa begini? Kemungkinan bisa dijawab dengan temuan lain yang menunjukkan bahwa platform media sosial yang digunakan lebih banyak yang berbasis video," tutur Vivi.

Status Literasi Digital Indonesia 2022 meningkat, simak data lengkapnya yang dibeberkan Kemenkominfo dan Katadata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News