Stok Pangan di Mentawai Cukup untuk Tiga Bulan

Stok Pangan di Mentawai Cukup untuk Tiga Bulan
Stok Pangan di Mentawai Cukup untuk Tiga Bulan
JAKARTA - Direktur Pengurangan Risiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan cadangan logistik makanan untuk korban tsunami di Kepulauan Mentawai cukup untuk tiga bulan. Sementara untuk total bantuan yang sudah terkirim, BNPB mengklaim sudah mengirimkan bantuan sebanyak 97,6 ton ke daerah-daerah yang terkena dampak gempa dan tsunami.

"Total bantuan yang telah terkirim seberat 97,6 ton ke daerah-daerah yang terkena dampak, yang seluruhnya sudah dapat dijangkau. Persedian makanan bisa mencukupi kebutuhan selama satu sampai tiga bulan ke depan," kata Sutopo kepada wartawan di Kantor BNPB, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Senin (1/11).

Sutopo menjelaskan, Bulog sudah mengirim 240 ton beras untuk persediaan bahan makanan di Mentawai. Sementara Kementrian Sosial (Kemensos) memberi bantuan makanan sebanyak 5 ton. Sedangkan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) memasok obat-obatan, termauk MP ASI dan family kit. Selain itu, Kemenkes juga mengirim 129 tenaga kesehatan termasuk 34 dokter ke lokasi bencana.

BNPB sendiri, kata Sutopo, sejak tanggal 26 Oktober telah mengirim Tim Rapid Assessment dan bantuan darurat berupa dana sebesar Rp 1 miliar kepada bupati Kepulauan Mentawai melalui Gubernur Sumatera Barat (Sumbar).

Untuk distribusi bantuan, sebut Sutopo, beberapa alat transportasi telah disiapkan. Palang Merah Indonesia (PMI) misalnya, menyiapkan 3 helikopter. Sedangkan TNI menyediakan 2 helikopter MI 17, pesawat angkut jenis hercules, KRI Gilimanuk, KRI Teluk Manado, KRI Teluk Hading, KRI Teluk Cirebon dan KRI Imam Bonjol.

JAKARTA - Direktur Pengurangan Risiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan cadangan logistik makanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News