Stratospheric Dapat Dukungan Protelindo Kembangkan Teknologi HAPS

Stratospheric Dapat Dukungan Protelindo Kembangkan Teknologi HAPS
Infrastruktur telekomunikasi. Foto: protelindo

jpnn.com, JAKARTA - Stratospheric Platforms Limited (SPL) menerima pendanaan dari PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).

Pendanaan itu diperuntukkan untuk unit bisnis Grup Djarum yang bergerak di bidang penyediaan infrastruktur telekomunikasi.

SPL berharap dapat menyediakan jaringan telekomunikasi dengan bandwidth tinggi menggunakan high altitude platforms (HAPS) bertenaga hidrogen, yang dipancarkan oleh pesawat tak berawak milik SPL.

Kemitraan strategis dan investasi itu menjadi langkah awal bagi SPL bersama-sama dengan Protelindo menjajaki pengembangan teknologi HAPS yang terdepan dan inovatif.

Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara yang memiliki 17 ribu lebih pulau dan 1,9 juta km2 daratan.

Topografi Indonesia yang kompleks, meliputi pegunungan dan laut lepas, memiliki tantangan tersendiri bagi ketersediaan jangkauan telekomunikasi yang andal.

Teknologi HAPS milik SPL diyakini mampu memberikan jangkauan langsung kepada pengguna lebih dari 15.000 km2 dengan kecepatan konektivitas hingga 200 Mbps.

Teknologi HAPS juga dapat menawarkan integrasi tanpa batas dengan jaringan terestrial dan operator menara, kompatibilitas 5G, dan konektivitas di semua iklim, kondisi, serta topografi.

Stratospheric Platforms Limited (SPL) menerima pendanaan dari PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News