Suhu Panas Berlangsung Lama

Suhu Panas Berlangsung Lama
Suhu Panas Berlangsung Lama
CILACAP-Serangan hawa panas yang menyerang Kabupaten Cilacap dalam dua minggu terakhir, diperkirakan masih akan lama terjadi. Setidaknya minggu ini warga masih akan merasakan hawa panas terutama pada siang hingga menjelang malam hari.

"Minggu ini masih akan terasa dan masih agak lama," ujar Prakirawan Cuaca di Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo, Selasa (2/4).

Menurutnya, kondisi hawa panas ini terjadi karena dorongan dua faktor. Pertama, karena pertengahan Maret hingga April menjadi masa pergeseran matahari ke arah utara. Ini sudah terjadi sejak 23 Maret lalu. Akibatnya, daerah yang berada di garis katulistiwa atau ekuator akan mengalami hawa panas.

"Jawa yang termasuk di wilayah ekuator, sehingga terkena panas," jelasnya melalui sambungan telepon. Faktor kedua adanya tekanan rendah di wilayah Australia Barat dan daratan Sumatera. Kedua faktor ini yang  mendorong terjadinya hawa panas. "Cilacap menyeluruh. Hari ini (kemarin, Red) suhu mencapai 33 derajat," ujarnya.

CILACAP-Serangan hawa panas yang menyerang Kabupaten Cilacap dalam dua minggu terakhir, diperkirakan masih akan lama terjadi. Setidaknya minggu ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News