JPNN.com

Sujud Sutrisno, Seniman Kendang yang Kini Merana

Sabtu, 05 Februari 2011 – 00:11 WIB Sujud Sutrisno, Seniman Kendang yang Kini Merana - JPNN.com
Jika Anda pernah lama tinggal di Yogyakarta, mungkin pernah mendengar atau mengenal nama Sujud Sutrisno, atau yang lebih dikenal dengan nama Sujud Kendang. Kini, kondisi seniman kocak itu memprihatinkan karena gangguan penglihatan dan ditinggal istri.

===================
  Reren Indranila, Jogja
===================

SENIMAN kendang yang sering mengamen berkeliling Jogja itu tak bisa beraktivitas seperti dulu lagi. Kondisi matanya tak memungkinkan Sujud menyusuri jalanan sendirian. Aktivitasnya menyusuri satu kampung ke kampung sebagai pemungut pajak rumah tangga (PPRT) juga tak lagi dilakoninya. Otomatis, pemasukan pun tak ada.

Kini, Sujud hanya mengandalkan panggilan untuk pentas saja. Itu pun terbatas, tak setiap hari dirinya dipanggil untuk mengisi sebuah acara. Sujud berharap operasi cangkok korneanya nanti berjalan lancar, agar penglihatannya kembali sempurna.

Semenjak mengalami gangguan penglihatan, Sujud memang kerap meminta bantuan kepada kawan-kawannya, sekedar untuk mengantar ke sebuah lokasi pertunjukan, atau hanya sekedar menemaninya makan.  Sejak awal tahun lalu, Sujud tinggal sendirian di rumahnya yang beralamat di Rt 51 Rw 11 Badran, Jogja.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...