Sabtu, 18 Agustus 2018 – 13:47 WIB

Sukardi Meninggal Saat Sujud Salat Asar di Masjid Nabawi

Jumat, 20 Juli 2018 – 08:02 WIB
Sukardi Meninggal Saat Sujud Salat Asar di Masjid Nabawi - JPNN.COM

jpnn.com - Sukardi Ratmo Diharjo, jemaah haji asal Indonesia, meninggal dunia saat sujud salat Asar di Masjid Nabawi, Rabu lalu (18/7). Suami Sugiarti itu merupakan calon jemaah haji Indonesia pertama yang meninggal di Tanah Suci.

FIRZAN SYAHRONI, Madinah - ACHMAD NASRUDIN YAHYA, Jakarta

”PAK, ayo ke masjid, sudah azan,” ajak Bambang Iswoto kepada Sukardi, 59, temannya sesama calon jamaah haji (CJH) kloter 1 embarkasi Jakarta Rabu sore lalu. Rasa letih setelah perjalanan udara sembilan jam dari tanah air sebenarnya belum hilang benar di tubuh para CJH saat itu.

Namun, suara azan yang berkumandang sore itu seperti memompa semangat Bambang dan Sukardi untuk menuju Masjid Nabawi yang tak jauh dari hotel tempat mereka menginap.

Dua sahabat itu lantas turun dari lantai 3 Hotel Elaf Nakheel, tempat mereka menginap di Madinah. Mereka lalu berjalan kaki menuju Masjid Nabawi untuk salat Asar. Jarak hotel dengan masjid hanya sekitar 400 meter.

Tidak banyak yang mereka bicarakan sepanjang perjalanan. Sukardi dan Bambang hanya ingin segera beribadah di masjid yang bertahun-tahun sudah mereka impikan itu.

Suasana di dalam masjid sudah penuh dengan CJH dari berbagai negara. Bambang dan Sukardi berada di saf depan. Mereka salat berdampingan. Sukardi di kiri Bambang. Di kanan Bambang, ada anak kecil. ”Di samping kanan saya anak kecil. Entah siapa,” kata Bambang kepada Jawa Pos, Kamis (19/7).

Rakaat pertama dan kedua berjalan lancar. Tapi, setelah sujud kedua pada rakaat ketiga, Bambang melihat Sukardi tak kunjung bangun. ”Jamaah lain sudah berdiri, dia masih saja sujud,” ucapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar