Sukma, Guru Honorer Jalan Kaki dari Indramayu ke Jakarta

Sukma, Guru Honorer Jalan Kaki dari Indramayu ke Jakarta
Tuntut Status, Ribuan Guru Honorer Demo Istana Ilustrasi by: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ingin mendapatkan perhatian Presiden Joko Widodo, Sukma Umbara seorang guru tidak tetap (GTT), rela menempuh ratusan killometer dari Indramayu ke Jakarta dengan jalan kaki. Kang Sukma, sapaan karib Sukma Umbara ini memilih jalan kaki dibanding aksi demo.

"Biarlah saya yang maju. Siapa tahu dengan jalan kaki, presiden mau mendengarkan aspirasi seluruh honorer K2 terutama Kabupaten Indramayu," kata guru di SDN Cadasngampar Kec. Gantar Kabupaten Indramayu ini, Kamis (18/10).

Sejak Senin, 15 Oktober, Kang Sukma memulai jalan kaki dari Indramayu menuju Jakarta. Misinya menyampaikan aspirasi honorer K2 langsung ke Presiden Jokowi, bila bertemu nanti.

Dia tahu, aksi jalan kakinya ini penuh risiko. Itu sebabnya, sebelum melakukan perjalanan dia sudah membuat surat pernyataan. Isinya dia bertanggung jawa penuh bila sesuatu terjadi dengannya.

"Aksi ini murni inisiatif saya. Tidak ada paksaan dari pihak manapun. Ini semata-mata demi perjuangan mendapatkan hak kami sebagai PNS," ujar Kang Sukma kepada JPNN, Kamis (18/10).

Sukma, Guru Honorer Jalan Kaki dari Indramayu ke Jakarta

Dia menyebutkan, nantinya sebelum bertemu Jokowi, akan mendatangi Gedung DPR RI. Dia percaya legislator Senayan tetap konsisten mendukung perjuangan honorer K2 menjadi PNS.

Baginya, tidak ada status yang layak untuk honorer K2 selain PNS. Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sangat tidak diinginkan K2.

Memperjuangkan nasib agar bisa diangkat menjadi PNS, guru honorer jalan kaki dari Indramayu ke Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News