Sukses Pasar Karetan Bakal Disusul Pasar Pancingan di NTB

Sukses Pasar Karetan Bakal Disusul Pasar Pancingan di NTB
Pasar Karetan di Radja Pendapa Camp, tepian hutan karet di Dusun Segrumung, Meteseh, Boja, Kendal. Foto: dokumentasi JPG

jpnn.com, LOMBOK - Pekan kedua Pasar Karetan, Minggu (12/11) sukses lagi. Ribuan orang berwisata selfie dan kuliner di Radja Pendapa Camp, tepian hutan karet di Dusun Segrumung, Meteseh, Boja, Kendal yang jaraknya hanya 4 km dari Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Ini merupakan sukses kedua setelah minggu lalu (5/11)  Pasar Karetan sukses menggaet perhatian publik di Kota Semarang, Kendal, sampai Batang, Pekalongan dan Demak. “Konsep pasar ini akan segera kami kembangkan ke daerah lain,” kata Stafsus Menpar Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono.

Akhir bulan ini akan ada dua GenPI Generasi Pesona Indonesia yang sudah siap diluncurkan. Yakni Pasar Pancingan Lombok dan Pasar Siti Nurbaya di Sumatera Barat.

“Prinsipnya sama, kolaborasi anak-anak GenPI, pegiat media sosial dan masyarakat yang dipromosikan melalui media sosial,” lanjut Don Kardono.

Pasar Pancingan Lombok sendiri di-create oleh komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa. Pasar ini tidak hanya akan menghadirkan sebuah atraksi baru yang menarik bagi wisatawan, tapi juga turut mengangkat potensi dan promosi Desa Wisata Bilebante di Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal tersebut dikatakan Ketua GenPI Lombok Sumbawa Jhe Ipul yang dua hari berada di Pasar Karetan, bersama Ketua GenPI Nasional Mansyur Ebo. Dia mengatakan, Pasar Pancingan yang segera digelar dalam waktu dekat akan berkolaborasi dengan masyarakat Desa Wisata Bilebante Lombok.

"Karena GenPI sebagai komunitas harus berkolaborasi dengan unsur pentahelix. Dan kali ini Genpi berkolaborasi dengan masyarakat Desa Wisata Bilebante untuk mendukung aktifasi atraksi dan promosi desa wisata," ujar Jhe.

Pasar Pancingan sendiri, ujar Jhe, adalah sebuah model atraksi wisata yang konsepnya mengambil dari Pasar Karetan yang dikreasi oleh Genpi Jateng. Namun, kemudian dimodifikasi untuk disesuaikan dengan karakteristik yang ada di Lombok dan Sumbawa. Maka hadirlah Pasar Pancingan.

Pasar Karetan sukses menggaet perhatian publik di Kota Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan dan Demak. Karena itu, konsepnya akan disebarkan ke daerah lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News