Suling Air Laut, Ancol Bisa Hemat Rp.13 Miliar

Suling Air Laut, Ancol Bisa Hemat Rp.13 Miliar
Suling Air Laut, Ancol Bisa Hemat Rp.13 Miliar
JAKARTA - Pengembangan teknologi reverse osmosis (RO) yang akan dilakukan PT Pembangunan Jaya Ancol (PT PJA) diperkirakan dapat menghemat  pengeluaran operasional Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut hingga Rp13,14 miliar per tahun. Tidak hanya itu, langkah tersebut juga akan mampu meningkatkan pelayanan terkait kebutuhan air bersih, khususnya pada masa liburan.

Per harinya, PT PJA harus mengeluarkan Rp150,6 juta untuk penggunaan 12.000 meter kubik air yang distribusikan PT Aetra Air Jakarta. Jumlah tersebut berdasarkan perhitungan tarif air bersih kategori komersil yang dikenakan kepada PT. PJA yakni sebesar Rp12.550 per meter kubik. 

Sedangkan melalui sistem RO, PT PJA akan mampu mengurangi konsumsi air sebanyak 5.000 meter kubik per hari hingga akhir tahun 2010 dan berkurang 10.000 meter kubik pada dua tahun mendatang. Dengan demikian, melalui sistem ini PT. PJA akan mampu menghemat sekitar Rp36,5 juta perhari  atau Rp 1,095 miliar per bulan atau Rp 13,14 miliar per tahun.

Menurut Coorporate Communication  PT PJA Sofia Cakti, pengembangan RO merupakan langkah edukasi yang saat ini tengah dikembangkan pihaknya. Dikatakannya, dalam melakukan programnya penghematan bukan menjadi prioritas. Namun lebih mengedepankan pelayanan pada pengunjung terkait penyediaan sanitasi untuk toilet dan pemeliharan tanaman di kawasan wisata ini.

Mengingat jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sangat fluktuatif. Terutama saat musim libur. Yakni pada hari kerja mencapai 12.000 hingga 17.000 pengunjung. Sedangkan pada musim liburan sekolah jumlah pengunjung meningkat hingga 50.000 pengunjunng, lebaran 100 ribu pengunjung serta tahun baru hingga mencapai 340 ribu pengunjung. “RO ini semata untuk memberikan sarana yang lebih baik pada pengunjung. Terlebih saat ini untuk memperoleh air bersih pengunjung tidak dikenakan biaya,” sambungnya.

JAKARTA - Pengembangan teknologi reverse osmosis (RO) yang akan dilakukan PT Pembangunan Jaya Ancol (PT PJA) diperkirakan dapat menghemat  pengeluaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News