Sumber Daya Alam Melimpah, Indonesia Bakal Swasembada Energi dan Petrokimia 

Sumber Daya Alam Melimpah, Indonesia Bakal Swasembada Energi dan Petrokimia 
Indonesia berpotensi menjadi negara swasembada energi dan petrokimia di masa depan. Foto dok. Samara Land 

jpnn.com, JAKARTA - Kekayaan sumber daya alam di tanah air sangat melimpah dan membuat Indonesia berpotensi menjadi negara adidaya dalam 10 tahun mendatang. Potensi itu harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Indonesia berpotensi menjadi negara swasembada energi dan petrokimia di masa depan," kata Mochamad Sidik Darmawan, CEO dan Founder Samara Land Group dalam keterangannya, Jumat (9/12).

Mochamad Sidik Darmawan yang mewakili BKK-PII (Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia) didaulat oleh PT Kilang Pertamina International untuk menjadi moderator di presentasi sejumlah Teknologi Lisensor International. Dia mempresentasikan teknologi konversi petrokimia dari bahan baku gas alam, batubara, biomassa, dan recycled plastik. 

Sejumlah Lisensor terdepan di dunia refiney, petrokimia, dan dekarbon seperti Haldor Topse, Axens, Thyssen Krups, KBR, UOP, Lummus, dan CLG hadir dalam acara yang digelar oleh Pertamina di Pullman Hotel, Jakarta pada 6-7 Desember 2022 lalu. 

"Pertamina mencatat bahwa Indonesia masih memiliki 31,6 miliar ton cadangan batu bara, 137 juta ton per tahun potensi biomassa, 143 TSCF gas alam, 40 juta ton per tahun CPO, dan 64 juta ton sampah plastik," tuturnya.

Semuanya berbasis karbon dan perlu terobosan teknologi untuk memaksimalkan potensi karbon tersebut menjadi bahan kimia bernilai tambah tinggi di tengah adanya isu dekarbonisasi. Oleh karenanya sangat disayangkan jika Indonesia yang memiliki sejumlah sumber daya karbon baik fosil maupun nabati harus terus tergantung pada impor bahan bakar fosil dan petrokimia. 

Ditambahkan Sidik Darmawan, Pertamina sebagai perusahaan energi sudah menyadari potensi besar itu dan memprosesnya untuk menggantikan ketergantungan bahan impor. 

"Tinggal gebrakan pemrosesan bahan baku petrokimia untuk menekan impor dan mensejahterakan rakyat di sekitar sumber bahan bakunya," tegasnya.

Indonesia berpotensi menjadi negara swasembada energi dan petrokimia di masa depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News