Sumsel Kebut Panen Padi Jelang Ramadan

Sumsel Kebut Panen Padi Jelang Ramadan
Padi menguning siap dipanen. Foto: Humas BPPSDM Kementan

jpnn.com, OGAN KOMERING ULU - Poduksi pangan di Sumatera Selatan (Sumsel) terus ditingkatkan menjelang Ramadan, walaupun di tengah wabah Covid-19. Petani di sejumlah wilayah seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Kabupaten Empat Lawang tetap bersemangat melakukan tanam dan panen padi.

Seperti yang dilakukan petani di Desa Karya Jaya dan Sri Mulya, Kecamatan Sinar Peninjauan, OKU. Saat ini mereka memanen lebih kurang 40 hektar dari total luas pertanaman 240 hektar.

Sementara di Kabupaten Empat Lawang dilaksanakan di beberapa Kecamatan antara lain Pendopo, Muara Pinang, Tebing Tinggi, Talang Padang, Pasmah Air Keruh dan Kecamatan Lintang Kanan.

Varietas yang digunakan adalah Ciherang, dan produktivitas rata-rata adalah 7,2 ton/ha Gabah Kering Panen (GKP). Harga jual Gabah saat ini berkisar Rp. 4.000 - Rp. 4.100 per Kg.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap agar saat panen seperti saat ini, jangan sampai harga gabah turun yang tentunya akan menyebabkan kerugian bagi petani.

"Kita harus bersama-sama menjaga ketersediaan pangan. Namun jangan sampai melupakan kesejahteraan para petani, dengan menjaga harga gabah agar tidak turun," kata Mentan SYL.

Dikatakan Mentan SYL, pihaknya akan mengawal pertanaman dari serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) sehingga produksi akan dapat maksimal. Tentunya tetap menerapkan Social Distancing dan protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Dalam masa panen raya seperti saat ini, agar harga komoditi pertanian tidak jatuh, Kementerian Pertanian punya solusi melalui Kostraling (Komando Strategi Penggilingan Padi) dengan menggandeng lembaga keuangan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Melalu Kostraling ini, diharapkan hasil dari petani tidak dimainkan oleh para tengkulak namun dibeli langsung oleh mitra atau tempat penggilingan sebagai penjamin petani,” jelas Mentan SYL.

Poduksi pangan di Sumatera Selatan (Sumsel) terus ditingkatkan menjelang Ramadan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News