Sungai Batangsaman Meluap, Ratusan Rumah di Pasbar Terendam Banjir

Sungai Batangsaman Meluap, Ratusan Rumah di Pasbar Terendam Banjir
Suasana banjir di Pasaman Barat, Sumbar, Senin (5/12). Foto: padangekspress/jpg

jpnn.com - PASBAR — Tingginya curah hujan di Kabupaten Pasaman Barat beberapa hari ini, membuat sungai Batangsaman Nagari Aiagadang, Kecamatan Pasaman kembali meluap Senin (5/12). 

Akibatnya, ratusan rumah warga di dua kejorongan itu terendam banjir. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material diperkirakan ratusan juta rupiah.

"Banjir merendam pemukiman penduduk di Jorong Labuahlurus dan Jorong Pasirmintungan Nagari Aiagadang. Tinggi banjir mencapai pinggang orang dewasa," kata Wali Nagari Aiagadang Junaidin seperti diberitakan Padang Ekspres (Jawa Pos Group) seperti diberitakan hari ini.

Pihaknya belum tahu pasti berapa banyak rumah warga yang menjadi korban. Karena saat ini akses jalan sulit, karena akses jalan terputus. 

Bahkan rumahnya juga ikut direndam banjir hingga 80 cm. Informasi sementara yang diperolehnya, sedikitnya ada sekitar 100 unit rumah warga direndam banjir di dua kejorongan ini.

Masyarakat sangat dirugikan, sebab puluhan hektar kebun jeruk, sawah dan sayuran habis dihantam banjir. Kemudian, sebanyak empat titik di dua kejorongan ini yang terparah hingga memutuskan askes jalan lebih kurang satu kilometer.

"Kalau di Jalan Umum Simpangempat-Ujunggading tingginya mencapai satu meter tepatnya di sekitar Jembatan Batangsaman dan berlanjut ke Jorong Labuahluruih tempat saya tinggal ini ada tingginya sekarang hingga 80 centimeter," ujar Junaidin.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Try Wahluyo menambahkan, kalau banjir kali ini ada empat kecamatan yang di dilanda banjir. 

PASBAR — Tingginya curah hujan di Kabupaten Pasaman Barat beberapa hari ini, membuat sungai Batangsaman Nagari Aiagadang, Kecamatan Pasaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News