Sungai Cikeas Tersumbat Sampah Bambu, Warga Harap Waspada Banjir, Lihat Fotonya

Sungai Cikeas Tersumbat Sampah Bambu, Warga Harap Waspada Banjir, Lihat Fotonya
Kondisi Sungai Cikeas yang tersumbat tumpukan sampah bambu, Kamis (26/5). Foto: Dokumentasi KP2C

jpnn.com, KOTA BEKASI - Tumpukan sampah berupa kayu dan bambu menyumbat aliran Sungai Cikeas di sekitar Bendung Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (26/5).

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) Puarman mengatakan peristiwa yang sudah terjadi berulang kali itu berpotensi menimbulkan banjir di sejumlah perumahan sekitar aliran sungai tersebut.

Adapun tumpukan sampah itu timbul akibat hujan lebat mengguyur hulu Sungai Cikeas yang terletak di Gunung Geulis, Kabupaten Bogor beberapa hari lalu.

Tinggi muka air yang meninggi menggerus sampah bambu di bibir sungai.

"Saat ini sungai tersumbat sepanjang 100 meter, dengan perkiraan volume sampah mencapai 1.500 kubik atau sekitar 25 truk engkel," kata Puarman dalam keterangan tertulis.

Saat ini, lanjut Puarman, pasukan Katak Orange Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi bersama pihak terkait tengah berupaya membersihkan tumpukan sampah tersebut.

Meski hari libur, kata Puarman, pasukan Katak Orange DLH Kota Bekasi tetap turun membersihkannya.

"Kami berharap kejadian ini tidak terulang terus menerus. Pemerintah hendaknya memberikan perhatian lebih terhadap penanganan sampah bambu di sepanjang aliran Sungai Cikeas," ujar Puarman. (cr1/jpnn)

Tumpukan sampah kayu dan bambu menyumbat aliran Sungai Cikeas di sekitar Bendung Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (26/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News