Survei Charta Politika: Ganjar Berjaya Siapa pun Cawapresnya, Paling Moncer dengan Prabowo

Survei Charta Politika: Ganjar Berjaya Siapa pun Cawapresnya, Paling Moncer dengan Prabowo
Yunarto Wijaya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Charta Politika melalui survei terbarunya mengukur elektabilitas capres yang disimulasikan dengan pasangan berbeda-beda.

Hasil survei terhadap 1.200 responden itu menunjukkan Ganjar Pranowo merupakan bakal capres dengan elektabilitas teratas meski pasangannya digonta-ganti.

"Ada simulasi tiga pasang yang kami ujikan," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya saat jumpa pers secara virtual untuk merilis hasil survei terbaru lembaganya, Selasa (29/11).

Dalam simulasi pertama, Charta Politika mengukur elektabilitas Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto yang bersaing dengan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar.

"Mas Ganjar dan Pak Airlangga unggul dengan 34,3 persen," ujar Yunarto.

Di bawahnya ada Anies-AHY dengan 29,1 persen, sedangkan Prabowo-Muhaimin memiliki elektabilitas 25,9 persen. Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab ada 10,7 persen.

Pada simulasi kedua, Charta Politika memasangkan Ganjar Pranowo dengan Andika Perkasa. Adapun yang disimulasikan sebagai pasaing duet itu ialah Anies Baswedan-Ridwan Kamil (Kang Emil) dan Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa.

Elektabilitas capres pada simulasi kedua itu tetap didominasi Ganjar dengan 34,9 persen. Adapun Anies-Emil memiliki elektabilitas 28 persen, sedangkan Prabowo-Khofifah di juru kunci dengan 24,9 persen.

Charta Politika melalui survei terbarunya menyimulasikan bakal capres yang pasangannya diganti-ganti untuk mengukur elektabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News