Survei: Kinerja Anggota Legislatif Jadi Indikator Terbesar Tingkat Elektabilitas Parpol

Survei: Kinerja Anggota Legislatif Jadi Indikator Terbesar Tingkat Elektabilitas Parpol
Suasana sidang paripurna DPR terkait RUU Pemilu, Kamis (20/7). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Citra Nusantara Network membeberkan hasil penelitian terkait alasan masyarakat dalam memilih partai politik.

Survei bertema Mengukur Preferensi Publik Terhadap Parpol dan Tokoh Terhadap Dinamika Politik Nasional itu dilakukan terhadap 2010 responden terpilih.

Para responden berusia di atas 17 tahun dan tersebar secara proposional di 34 provinsi di seluruh Indonesia sesuai dengan data pemilih pada Pilpres 2019.

"Penarikan sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini mengunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen," tulis Citra Nusantara Network dalam keterangannya, Selasa (30/11).

Dari 2010 responden, 60,6 persen di antaranya mengaku memilih partai politik berdasarkan track record dan kinerja kadernya untuk kepentingan masyarakat di daerah pemilihannya sebagai anggota legislatif.

Kemudian, 19,8 persen responden melihat tokoh tertentu dalam partai politik karena responden terkoneksi dengan tokoh tersebut.

"Sebanyak 19,6 persen memilih didasarkan karena ideologi dan program partai," tandas Citra Nusantara Network. (mcr9/jpnn)

Citra Nusantara Network membeberkan hasil penelitian terkait alasan masyarakat dalam memilih partai politik.