Survei SMRC: 79,7 Persen Pemilih Kritis Puas dengan Kinerja Jokowi

Survei SMRC: 79,7 Persen Pemilih Kritis Puas dengan Kinerja Jokowi
Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya di acara puncak Musyawarah Rakyat (Musra) di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (14/5). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei terbaru terkait tingkat kepuasan di kalangan pemilih kritis pada kinerja Presiden Jokowi.

Alhasil, sebanyak 79,7 persen pemilih mengaku cukup puas dengan hasil kinerja mantan Gubernur DKI tersebut.

Survei SMRC bertajuk “Evaluasi Kinerja Presiden dan Pilihan Capres 2024 di Pemilih Kritis” itu dilakukan melalui telepon pada 23-24 Mei 2023.

Hasil survei yang dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, tersebut menunjukkan bahwa yang merasa sangat atau cukup puas atas kinerja presiden mencapai 79,7 persen.

Sementara yang kurang atau tidak puas 18,1 persen, dan ada 2,2 persen yang tidak berpendapat. Dalam 3 tahun terakhir, tingkat kepuasan pemilih kritis terhadap kinerja Presiden Jokowi naik dari 66,3 persen pada survei Mei 2020 menjadi 79,7 persen di survei terakhir 23-24 Mei 2023.

Deni menjelaskan bahwa kenaikan tingkat kepuasan ini konsisten dengan naiknya penilaian positif atas kinerja pemerintah dalam menangani pemulihan ekonomi.

Survei SMRC pada Maret 2023 menemukan 61 persen publik puas atau sangat puas pada kinerja pemerintah menangani pemulihan ekonomi, hanya 35 persen yang menyatakan tidak puas, dan 4 persen yang tidak tahu. Tingkat kepuasan publik ini naik dari 51 persen pada September 2020 menjadi 61 persen pada survei Maret 2023.

Deni menyatakan bahwa kepuasan terhadap Presiden Jokowi berkorelasi signifikan dengan penilaian atas kinerja pemerintah menangani pemulihan ekonomi. Semakin positif penilaian atas kinerja pemerintah dalam memulihkan kondisi ekonomi, semakin tinggi pula tingkat kepuasan warga terhadap Jokowi, begitupun sebaliknya.

Lembaga survei SMRC merilis survei terbaru terkait tingkat kepuasan di kalangan pemilih kritis pada kinerja presiden Jokowi mencapai 79,7 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News