Minggu, 18 November 2018 – 01:12 WIB

Survey INES, Jokowi Menangi Putaran Kedua

Jumat, 14 September 2012 – 13:35 WIB
Survey INES, Jokowi Menangi Putaran Kedua - JPNN.COM

JAKARTA - Indonesia Network Election Survey (INES) merilis hasil survey Pilkada DKI Jakarta 2012. Hasil survey menunjukkan, mayoritas responden memilih pasangan cagub Jokowi-Basuki.
  
Direktur Eksekutif INES, Sutisna Tri Sasono mengatakan bahwa sebanyak 72,48 persen responden memberikan suara kepada pasangan Jokowi-Ahok. Sementara yang memilih pasangan Fauzi Bowo - Nachrowi Ramli hanya 27,52 persen.
 
"Survey yang dilakukan jelang pemilihan gubenur dan wakil gubenur DKI Jakarta putaran ke dua ini,  berbagai latar belakang Masyarakat DKI Jakarta termasuk warga asli Betawi," ujar Sutisna dalam siarra pers yang diterima, Jumat (14/9).
 
INES melakukan survey sejak 28 Agustus hingga 9 September lalu. Survey dilakukan oleh 10 ribu responden penduduk Jakarta, tetapi yang berhasil dianalisa hanya 9720 sample. Pemilihan sample dilakukan dengan metode multistage random sampling.
 
Menurut Sutisna, jumlah sample sebanyak 10 ribu ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 98 persen. Ia menambahkan, hasil survey lembaganya menandakan ketidakpuasan masyarakat terhadap kepemimpinan gubernur saat ini, Fauzi Bowo.
 
"Dari temuan survey ini juga bisa dikatakan masyarakat Jakarta sudah tidak percaya dengan kepemimpinan saat ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Budi Purnomo Karjodihardjo, Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center Tim Kampanye Jokowi-Basuki menyambut baik hasil survey yang dilakukan INES. Budi menilai, hasil survey membuktikan bahwa warga Jakarta merupakan pemilih cerdas karena tak terpengaruh isu negatif.
 
"Warga Jakarta, ternyata juga sudah cerdas memilih, tidak terpecah belah dengan isu-isu provokasi yang terjadi.  Terima kasih para responden, kepada warga Betawi  yang telah jujur dalam menentukan pilihannya," kata Budi. (dil/jpnn)
SHARES
TAGS   pilkada dki jakarta
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar