Sutarman Ingin Posisi Polri Tetap Seperti Saat Ini

Sutarman Ingin Posisi Polri Tetap Seperti Saat Ini
Sutarman Ingin Posisi Polri Tetap Seperti Saat Ini

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Sutarman memberi signal menolak jika Polri berada di bawah kementerian. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu menegaskan bahwa Polri harus independen.

Dia menjelaskan, sifat dan tugas Polri itu selain memelihara keamanan ketertiban masyarakat juga melakukan penegakan hukum.

Menurutnya, dalam melaksanakan fungsi harkamtibmas dan penegakan hukum Polri harus independen.

"Dengan posisi seperti ini saya kira posisi (Polri) sangat tepat," tegasnya di sela-sela perayaan HUT Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara Baharkam Polri ke 64 di Ditpolair Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (1/12).

Sebab, Sutarman mengatakan, jangan sampai kekuatan Polri ini digunakan untuk kepentingan-kepentingan tertentu dalam rangka dukung mendukung politik dan sebagainya. "Itu yang paling berbahaya bagi negeri ini," tegas alumnus Akademi Kepolisian 1981 ini.

Karenanya, kata dia, sifat dan tugas Polri sebagai harkamtibmas dan penegakan hukum harus dijaga betul. "Sehingga institutsi Polri, hanya akan patuh kepada pimpinan negara dan peraturan," papar mantan Kapolda Metro Jaya, Kepulauan Riau dan Jawa Barat ini. (boy/jpnn)


JAKARTA - Kapolri Jenderal Sutarman memberi signal menolak jika Polri berada di bawah kementerian. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu menegaskan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News