Sutradara Peraih Oscar Milos Forman Meninggal Dunia

Sutradara Peraih Oscar Milos Forman Meninggal Dunia
Milos Forman. Foto: Latimes.com

jpnn.com - Sutradara peraih Oscar Milos Forman meninggal dunia di usia 86 tahun. Pria kelahiran Ceko itu menghembuskan napas terakhir di Danbury, Conneticut, Amerika Serikat, Jumat (13/4) waktu setempat.

Kepergian Forman dikonfirmasi oleh agennya, Dennis Aspland. Dia wafat usai melawan penyakit yang telah lama dideritanya.

Milos Forman adalah satu dari segelintir sutradara asing yang mampu mendapat pengakuan kritikus, sekaligus sukses scara komersial di Hollywood.

Pada 2012, dia memenangkan penghargaan Lifetime Achievement Award dari Directors Guild of America.

Nama Milos Forman mencuri perhatian berkat karyanya One Flew Over the Cuckoo’s Nest. Film yang dibintangi Jack Nicholson itu memenangkan lima Oscar, termasuk Best Picture dan Best Director. Sementara filmnya berjudul Amadeus (1984) memenangkan delapan penghargaan.

Karya Forman lainnya adalah Hair (1979), Ragtime (1981), The People vs Larry Flint (1996). Film terakhir yang dirilisnya adalah Goya's Ghosts (2006).  

Kabar berpulangnya Milos Forman menyisakan duka bagai sineas dunia. Para pelaku industri film pun memberi penghormatan kepada beliau.

"Jenius sinematografi dan master dalam penggambaran kondisi manusia," puji Antonio Banderas. (ded/JPC)


Sutradara kawakan Milos Forman meninggal dunia di usia 86 tahun. Pria kelahiran Ceko itu menghembuskan napas terakhir di Danbury, Conneticut, Amerika Serikat


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News