Syafii Maarif dan Romo Magnis Terima Habibie Award

Syafii Maarif dan Romo Magnis Terima Habibie Award
Syafii Maarif dan Romo Magnis Terima Habibie Award
JAKARTA -  Dua tokoh agama, Ahmad Syafii Maarif dan Franz Magnis-Suseno, kemarin menerima anugerah Habibie Award 2010. Mereka mendapatkan penghargaan di bidang harmonisasi kehidupan beragama, yang merupakan kategori khusus dalam anugerah tahunan yang digelar sejak 1999 itu.

Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center Ahmad Watik Pratiknya mengatakan, penghargaan khusus tersebut disesuaikan dengan tema yang diangkat tahun ini, yakni keprihatinan mengenai banyaknya konflik kekerasan.

"Persoalan konflik kekerasan ini mengantarkan kita semua pada persoalan besar, yaitu memudarnya kepercayaan antara kita sesama bangsa. Nilai-nilai kebersamaan, rasa saling menghormati, dan toleransi tidak lagi menjadi kiblat utama bangsa ini," kata Ahmad.

Romo Magnis mengatakan, tidak ada hak bagi siapapun untuk paling merasa benar dalam menjalankan ajaran agama. "Pemerintah harus pula melindungi semuanya. Tidak ada mayoritas dan minoritas," kata pendiri Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara itu.

JAKARTA -  Dua tokoh agama, Ahmad Syafii Maarif dan Franz Magnis-Suseno, kemarin menerima anugerah Habibie Award 2010. Mereka mendapatkan penghargaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News