Syarief Hasan Menanggapi Langkah Marsekal Hadi Mencopot 2 Pejabat TNI AU

Syarief Hasan Menanggapi Langkah Marsekal Hadi Mencopot 2 Pejabat TNI AU
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. Foto: Ricardo/jpnn.com.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mendukung langkah tegas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam merespons insiden kekerasan oleh dua oknum prajurit Polisi Militer TNI AU (Pomau) terhadap warga penyandang disabilitas di Merauke, Papua Senin (27/7).

Pascakejadian itu, Panglima TNI memerintahkan pencopotan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) dan Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud setempat.

"Langkah Panglima TNI patut diapresiasi karena bertindak cepat, tegas, dan terukur sehingga kasus ini tidak berdampak buruk bagi persatuan dan kesatuan bangsa," ucap Syarief Hasan di Jakarta, Kamis (29/7).

Dia memandang apa yang dilakukan oleh Marsekal Hadi menunjukkan bahwa pembinaan keanggotaan di jajaran TNI berlangsung secara akuntabel dan tanpa pandang bulu.

"Hal ini juga patut menjadi contoh bagi pimpinan negara yang lain untuk dapat bertindak tegas jika ada kesalahan yang dilakukan oleh bawahannya,” ujar mantan Menteri Koperasi dan UKM itu.

Politikus senior Partai Demokrat itu mengharapkan kepada semua pihak agar menjaga suasana kondusif dan stabilitas keamanan negara.

Syarief Hasan menyebut oknum yang melanggar memang harus dihukum, tetapi yang terpenting lagi jangan sampai insiden tersebut mengganggu kehidupan sosial dan politik di Papua.

Dia menyebut tindakan Panglima TNI sudah tepat dalam menjaga suasana kondusif di Papua. Semua komponen masyarakat, aparat negara, tokoh agama, tokoh adat, dan masyarakat juga diharapkan saling menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dua pejabat TNI AU dicopot pascainsiden oknum prajurit menginjak kepala warga penyandang disabilitas di Merauke, Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News