Tahun Ini Tidak Ada Pengadaan STB untuk Dibagikan Gratis kepada Masyarakat

Tahun Ini Tidak Ada Pengadaan STB untuk Dibagikan Gratis kepada Masyarakat
Dokumentasi - Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Humas Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tidak lagi menganggarkan pengadaan set top box atau STB untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Menteri Kominfo Johnny G Plate saat rapat bersama Komite I DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/2).

"Pemerintah tidak mengadakan atau menganggarkan penyediaan set top box tahun 2023," ujar menteri dari Partai Nasdem itu.

Johnny berdalih Kemenkominfo sudah menyediakan dan membagikan STB sebanyak 1,2 juta unit ke wilayah yang sudah diberlakukan sistem analog switch off (ASO).

Dia mengeklaim hampir 99,8 persen STB gratis yang disediakan oleh pemerintah sudah disalurkan kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya.

Johnny menyebut untuk daerah yang belum diberlakukan ASO, tidak ada pembagian STB dari pemerintah.

Selain pemerintah, kata dia, lembaga penyiaran swasta (LPS) sebagai penyelenggara multipleksing (MUX) juga berkomitmen menyediakan STB.

"Dari empat jutaan STB, baru didistribusikan 6,5 persen atau 278 ribu unit. Perlu berkoordinasi dengan LPS," jelasnya.

Menkominfo Johnny G Plate menyebut tahun ini tidak ada lagi pengadaan set top box atau STB yang akan dibagikan gratis kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News