Taiwan Bersiap Menyambut Badai Mitag

Taiwan Bersiap Menyambut Badai Mitag
Hujan badai menghantam India bagian barat, sementara wilayah lainnya kekeringan. Foto: Twitter

jpnn.com, TAIPEI - Badai Mitag telah memaksa otoritas Taiwan untuk menutup pasar keuangan dan sekolah, serta membatalkan puluhan penerbangan di tengah peringatan banjir dan angin kencang.

Badai Mitag, yang menurut badan meteorologi merupakan topan terdahsyat kedua, diperkirakan mendekati pantai wilayah timur laut Yilan dengan kecepatan angin maksimum mencapai 162 km per jam.

Badai bergerak melintasi lautan ke arah utara-barat laut dengan kecepatan 27 km per jam dan dapat lebih kencang saat mendekati Taiwan, kata petugas.

Badan cuaca juga mengeluarkan peringatan angin kencang dan hujan untuk daerah metropolitan Taipei, kota pelabuhan timur Keelung dan sejumlah kota di wilayah utara lainnya. Pihaknya juga memberikan peringatan kepada pelaut di sekitar Taiwan.

"Badai Mitag akan menghantam Taiwan. Mohon perhatikan keselamatan Anda dan persiapkan segala sesuatunya menjelang badai," tulis Perdana Menteri Su Tseng-chang di Facebook pada Minggu.

Puluhan penerbangan dan layanan feri dibatalkan, sementara sejumlah jalan di seluruh Taiwan ditutup di tengah kekhawatiran bencana longsor dan banjir.

Badai diperkirakan mendekati kota timur Shanghai China pada Selasa, demikian keterangan BMKG. (ant/dil/jpnn)

Otoritas Taiwan menutup fasilitas umum sebagai antisipasi dampak badai Mitag yang akan menghantam bagian utara wilayah itu pada Senin, demikian menurut badan meteorologi Taiwan.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News